Pages

Best Entries in This Week

Thursday, August 26, 2010

Teknologi Baru Mungkinkan Pembayaran via Ponsel Lebih Aman

WASHINGTON - Para peneliti dari Oxford University telah mengembangkan teknologi baru yang memungkinkan pembayaran via ponsel lebih aman.

"Kunci penting untuk sistem pembayaran baru ini adalah kemampuan untuk melakukan transaksi orang per orang. Apa yang kami miliki ini adalah teknologi yang memungkinkan siapa saja untuk bisa membuat koneksi yang aman dan mudah antara dua buah perangkat, baik lewat bluetooth, wifi, internet maupun lewat ponsel biasa atau koneksi SMS," ujar Profesor Bill Roscoe, sang penemu teknologi, seperti dikutip melalui
Big News Network 
Menurut Roscoe, fokus dari teknologi ini adalah keamanan koneksi protokol baru, lengkap dengan kode kriptografik yang kuat untuk menciptakan sebuah hubungan antar perangkat.

"Protokol ini akan menahan siapa saja yang ingin berniat membobol secara ilegal transaksi yang sedang dilakukan," ujar Roscoe.


Pengguna teknologi ini akan mengalami pemeriksaan yang ketat melalui 4 hingga 8 digit kode nomor yang berasal dari ponsel pribadi mereka. Nomor ini akan tercipta dengan sendirinya secara acak sehingga keamanan dalam transaksi tidak perlu diragukan, karena tidak ada satupun hacker yang bisa melacaknya.


Selain ponsel, Roscoe mengatakan tidak ada perangkat tambahan lainnya yang dibutuhkan untuk teknologi baru in. Bahkan proses pembayaran bisa dilakukan dengan banyak cara, asalkan nominal uang telah ada di ponsel terlebih dahulu, atau dengan otorisasi dari kartu kredit, bahkan hanya dengan memberitahukan kepada bank tentang pembayaran sejumlah uang kepada orang tertentu.


"Teknologi ini didesain agar masing-masing pelaku transaksi benar-benar memperhatikan koneksi dalam setiap pembayaran, dan memungkinkan mereka mengendalikan proses pembayaran. Lebih mirip dengan sebuah cek dalam bentuk digital," ujar Roscoe.


Roscoe juga menambahkan, perbankan dipastikan akan mencari solusi inovatif untuk menambal kekurangan yang ada pada teknologi sebelumnya. Teknologi ini dianggap sama dengan sistem pembayaran sebelumnya, hanya saja metode pembayaran yang dilakukan dapat dilakukan dengan cara yang lebih banyak

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...